Syarat Kambing Aqiqah

By:
Categories: Seputar Aqiqah
No Comments

Syarat kambing aqiqah berdasarkan kesepakatan alim ulama Islam, baik ulama dari NU maupun Muhammadiyah menyamakan syarat kambing yang digunakan untuk aqiqah dengan syarat hewan untuk qurban.

Adapun syarat sah aqiqah yang akan dibahas adalah meliputi jenis hewan aqiqah, umur kambing, syarat fisik kambing aqiqah. Tentu dalam menunaikan ibadah aqiqah ini, seorang muslim perlu mengikuti syariat Islam yang benar sesuai dengan dalil naqli yang ada. Karena ibadah aqiqah merupakan salah satu ibadah sunnah muakkad, maka sebaiknya mengikuti cara yang telah dianjurkan di dalam ajaran sunnah  Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam dan ulama salaf.

Pengertian dan Hukum Aqiqah

Aqiqah merupakan sebuah ibadah sunnah muakkad yang dilaksanakan dengan menyembelih kambing sebagai salah satu wujud syukur shohibul aqiqah (pelaku aqiqah) atas kelahiran seorang bayi. Pada acara aqiqah biasanya juga diiringi dengan pemberian nama yang baik untuk sang bayi tersebut.

Jika dilihat dari asal istilahnya, aqiqah diartikan sebagai penyembelihan / pengurbanan hewan untuk kelahiran bayi sebagai wujud dari rasa syukur kepada Allah Ta’ala sesuai dengan syariat yang telah ditentukan oleh agama Islam. Hal ini sesuai dengan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut:

كُلُّ غُلَامٍ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ، تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ السَّابِعِ، وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ وَيُسَمَّى

Terjemahannya:

“Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh, dicukur (rambutnya), dan diberi nama”

(HR. Tirmidzi no. 2735, Abu Dawud no. 2527, Ibnu Majah no. 3165)

Baca juga artikel lengkap kami mengenai Hukum Aqiqah Setelah Dewasa

Syarat Hewan untuk Aqiqah

Jika Anda hendak membeli kambing untuk acara aqiqah, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis hewan yang diperbolehkan untuk acara aqiqah menurut ajaran agama Islam.

Berdasarkan sebuah hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan contoh hewan yang digunakan untuk aqiqah adalah  domba, kambing, kibsy, dan atau gibas. Kibsy merupakan domba sehat yang berwarna putih.

Beberapa ulama masih berbeda pendapat tentang diperbolehkan atau tidaknya menggunakan hewan lain selain kambing. Misalnya menggunakan sapi/unta. Ada ulama yang memperbolehkan untuk menggunakan hewan lain tersebut, namun ada juga ulama yang tidak memperbolehkannya.

Setelah kambing disembelih, bagian kambing yang tidak diolah misalnya kulit kambing dapat dipergunakan untuk menjadi bahan dasar jaket dan disedekahkan kepada penyembelih kambing tersebut. Akan tetapi daging aqiqah yang telah disembelih tidak boleh diperjualbelikan.

Baca juga artikel lengkap kami mengenai Kambing Aqiqah Daerah Tangerang

Syarat Kambing Aqiqah Menurut Islam

Syarat Kambing Aqiqah

Syarat Kambing Aqiqah

Islam mengajarkan kepada umat muslim yang hendak melaksanakan ibadah aqiqah untuk memenuhi beberapa syarat atasnya, salah satunya yaitu syarat kambing aqiqah. Adapun syarat – syaratnya adalah sebagai berikut:

Syarat Jumlah dan Jenis Kelamin Kambing Aqiqah

Berdasarkan sebuah hadits dijelaskan mengenai jumlah kambing yang disembelih pada saat hendak menunaikan ibadah aqiqah. Adapun haditsnya adalah sebagai berikut:

مَنْ اَحَبَّ مِنْكُمْ اَنْ يُنْسَكَ عَنِ وَلَدِهِ فَلْيَفْعَلْ عَنِ الْغُلاَمِ شاَتَاَنِ مُكاَفأَ َتاَنِ وَعَنِ الْجاَ رِيَةِ شاَةٌ

Terjemahannya:

“Barangsiapa di antara kamu ingin beribadah tentang anaknya, hendaklah dilakukan aqiqah untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang sama umurnya dan untuk anak perempuan seekor kambing.”

(HR. Abu Daud dan Nasa’i)

Berdasarkan hadits tersebut, dapat dilihat bahwa jumlah kambing yang disembelih untuk anak laki – laki adalah dua ekor sedangkan untuk anak perempuan adalah satu ekor kambing. Namun, jika tidak mampu menunaikannya dengan jumlah tersebut, maka diperbolehkan untuk menyembelih 1 ekor kambing saja.

Adapun mengenai syarat sah jenis kelamin kambing yang digunakan untuk aqiqah tidak ditentukan harus laki – laki atau perempuan. Berikut ini adalah hadits Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan dari Ummu Kurz:

“…tidak mudharat bagi kamu apakah kambing laki-laki atau perempuan..“.

Hadits tersebut menjelaskan bahwa tidak diharuskan untuk menyembelih kambing denganjenis kelamin tertentu.

Syarat Fisik Kambing Aqiqah

Para ulama salaf berpendapat bahwa syarat fisik kambing yang digunakan untuk ibadah aqiqah ini sama seperti syarat hewan untuk qurban. Mengenai syarat fisik yang digunakan untuk qurban telah dijelaskan di dalam artikel Ketentuan Qurban dan Aqiqah dalam Islam: Perbedaan & Persamaan.

Secara umum, kondisi fisik hewan untuk aqiqah harus sehat, tidak cacat, berat timbangan badannya, terbebas dari penyakit, dan sudah cukup umur. 

Syarat Umur Kambing Aqiqah

Pada saat hendak menunaikan ibadah aqiqah, biasanya kita akan menentukan syarat fisik kambing aqiqah sesuai anjuran Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebab,  jika syarat fisik kambing aqiqah tidak dipenuhi dengan benar akan berdampak dengan sah atau tidaknya ibadah aqiqah yang telah ditunaikan. 

Sehingga, pada saat hendak memilih kambing aqiqah sebaiknya Anda perlu memperhatikan usia hewan tersebut. Syarat usia kambing aqiqah sama dengan syarat usia kambing yang digunakan untuk qurban.

Terdapat sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Jabir radhiyallahu ‘anhu dan diriwayatkan oleh Muslim. Adapun hadits yang menjelaskan mengenai usia hewan qurban adalah sebagai berikut:

لَا تَذْبَحُوا إِلَّا مُسِنَّةً, إِلَّا أَنْ يَعْسُرَ عَلَيْكُمْ فَتَذْبَحُوا جَذَعَةً مِنَ اَلضَّأْنِ

Terjemahannya:

Janganlah kalian menyembelih kecuali musinnah. Kecuali jika terasa sulit bagi kalian, maka sembelihlah jadza’ah dari domba.”

(HR. Muslim no. 1963)

Pengertian Musinnah

Musinnah artinya adalah hewan yang disembelih sudah cukup usianya. Berikut ini adalah tabulasi umur minimal hewan yang digunakan untuk qurban.

 

HewanUmur Minimal
Sapi2 tahun
Domba6 bulan
Kambing1 tahun
Unta5 tahun

Pengertian Jadza’ah

Maksud dari jadza’ah adalah domba yang telah berusia enam bulan hingga satu tahun

Dari beberapa baasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kambing harus berusia setidaknya lebih dari satu tahun. Jenis kambing yang dapat digunakan yaitu kambing Jawa / Kacang, kambing Garut, kambing biri – biri, kambing Gibas, kambing Benggala, kambing PE, kambing Etawa dan kambing jenis lainnya.

Anda dapat menggunakan kambing yang usianya masih kurang dari satu tahun (namun harus lebih dari enam bulan) untuk aqiqah, namun ini hanya boleh dilakukan jika kesulitan mencari kambing musinnah.

Baca juga artikel lengkap kami mengenai Jasa Aqiqah Tangerang Selatan

Rekomendasi Paket Aqiqah Tangerang

Jika Anda berkeinginan untuk mengaqiqahkan putra putri Anda secara ekonomis, praktis dan syar’i Anda dapat menggunakan jasa Aqiqah Tangerang.

Kami menerima pemesanan untuk acara aqiqah Anda dengan berbagai paket pilihan. Untuk pemesanan dan informasi harga, silakan hubungi customer service kami di:

Customer Service Aqiqah Tangerang:  081380087643

Your Thoughts